Friday 24 May 2013


 Laporan perbaikan 2.

for and while

For atau perulangan adalah suatu syntax yang berguna untuk perulangan pada suatu kondisi. Perintah FOR difungsikan untuk mengulangi perintah dengan jumlah perulangan yang sudah di ketahui. Pada perintah ini kita tidak perlu menuliskan sebuah kondisi utnuk diuji.. Kita hanya menuliskan niali awal dan akhir variable perhitungan. Nilai ini akan secara otomatis bertambah dan berkurang tiap kali sebuah pengulangan dilaksanakan.


Sintaknya adalah :

                for (nilai_awal, nilai_akhir/syarat perulangan, peningkatan/penurunan)

                {

                pernyataan yang akan dijalankan

                }


While
while adalah suatu perulangan yang di gunakan untuk suatu kondisi. Perintah while digunakan untuk mengulangi sbuah perintah sampai pada jumlah tertentu. Untuk menghentikan pengulangan digunakan suatu kondisi tertentu. Nilai kondisi ini memiliki hasil akhir berupa false dan true seperti layaknya perintah if…else . Pengulangan akan terus berlanjut jika kondisi masih menunjukkan nilai benar.

Perhatikan contoh di bawah ini :

          <?php
                $i=1;
               while($i<=10)
               {
               echo(“Perulangan Ke”.$i.”<br>”);
               $i++;
               }
          ?>

Kapan Digunakan Looping FOR dan WHILE?

Looping adalah sesuatu proses yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam pemrograman, looping ini harus berhenti pada suatu keadaan tertentu. Apa akibatnya jika tidak berhenti? Ya… bisa-bisa komputernya hang karena mengerjakan sesuatu yang tidak pernah berhenti, bila memorinya penuh dengan task yang diproses.
Secara umum, ada 2 hal yang dapat digunakan untuk menghentikan looping (stopping condition), yaitu:

    Berdasarkan jumlah looping, artinya looping akan berhenti setelah mencapai jumlah perulangan tertentu. Berdasarkan syarat tertentu, artinya looping akan berhenti bila telah terpenuhinya suatu syarat/kondisi.

berikut contoh dalam keseharian kita. Perhatikan dua kalimat ini:

    Saya akan terus makan bakso sampai habis 10 mangkuk
    Saya akan terus makan bakso sampai saya merasa kenyang

Nah… apabila kita lihat kalimat pertama, jelas bahwa proses ‘makan bakso’ ini belum akan selesai bila belum habis 10 mangkuk, artinya proses makan bakso ini akan terus diulang sampai dengan 10 kali. Setelah itu selesai.
Sekarang kita lihat kalimat kedua. Untuk kalimat ini, kita tidak mengetahui berapa kali makan baksonya, atau habis berapa mangkuk. Yang jelas disini hanya diketahui kapan perulangan makan baksonya selesai, yaitu ketika sudah kenyang.

0 comments:

Post a Comment

Followers

About Me

My Photo
Flaying Animal
View my complete profile